Purnomo, Sugeng (2016) Analisis strategi pemasaran untuk memaksimalkan volume penjualan pada UD. Mekar Sari. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
UD. Mekar Sari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pangan yaitu pembuatan sambal pecel yang beralamat di desa Gledug RT 01/RW 3 kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar. Sambal pecel merupakan makanan khas Blitar yang sangat disukai baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Permasalahan yang dialami UD. Mekar Sari selama ini yaitu kurang maksimalnya volume penjualan yang disebabkan oleh kurang tepatnya strategi pemasaran yang digunakan selama ini dalam memasarkan produknya. Strategi yang dimaksud dan dilakukan perusahaan hanya menjual secara langsung produk dan menerima pesanan dari beberapa konsumen saja. Hal ini dapat dibuktikan dengan data penjualan satu tahun terakhir yang mengalami penurunan pada beberapa bulan tertentu. Untuk menganalisis strategi pemasaran yang sesuai maka perlu digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT berguna untuk melakukan keseluruhan evaluasi tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk mengamati lingkungan pemasaran eksternal dan internal. Melalui analisis SWOT maka diketahui apa saja yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan, selain itu juga dapat diketahui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Matrik EFAS dan IFAS perlu digunakan untuk melakukan analisis SWOT. Matrik EFAS digunakan untuk menganalisis lingkungan eksternal yaitu untuk mengidentifikasi faktor eksternal perusahaan dengan merumuskan variabel peluang dan ancaman perusahaan untuk memudahkan dalam menganalisis dan mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi strategi perusahaan. Matrik IFAS digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal perusahaan dengan merumuskan setiap variabel kekauatan dan kelemahan yang dapat mempengaruhi perusahaan untuk memudahkan dalam menganalisis dan mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi strategi perusahaan. Berdasarkan analsisis data yang telah dilakukan didapatkan hasil anallisis EFAS dengan skor total 2,90 dan IFAS dengan skor total 2,86, selanjutnya dimasukkan ke dalam matrik ruang yang bertujuan untuk menggambarkan posisi strategis perusahaan. Berdasarkan matrik ruang perusahaan berada pada kuadran I yaitu strategi agresif artinya perusahaan memiliki berbagai peluang dan kekuatan yang dapat mendorong pemanfaatan berbagai peluang tersebut. Strategi yang tepat dan dapat ditempuh untuk memaksimalkan volume penjualan yaitu dengan perluasan pangsa pasar, peningkatan jumlah produksi, menjaga keaslian cita rasa dan pematenan label. Untuk analisis lebih rinci maka selanjutnya dimasukkan ke dalam matrik SWOT.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Additional Information: | Pembimbing : Rony Ika Setiawan, SE, MM. | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Strategi Pemasaran, Volume Penjualan | ||||||||
Subjects: | Manajemen | ||||||||
Divisions: | Program Studi Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Editor Fuat Jizen | ||||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2020 03:31 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:10 | ||||||||
URI: | http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/463 |
Actions (login required)
View Item |