Analisis harga jual pada UD. Sumber Damai Blitar untuk meningkatkan volume penjualan

Widyastuti, Lusia Dhevi (2018) Analisis harga jual pada UD. Sumber Damai Blitar untuk meningkatkan volume penjualan. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju mendorong timbulnya persaingan usaha yang semakin ketat. Banyaknya perusahaan baru yang bergerak dibidang produksi sentrat mendorong lahirnya persaingan utamanya dalam dunia pemasaran. Harga jual menjadi faktor yang utama dalam kaitannya dengan minat beli konsumen yang berpengaruh terhadap tingkat volume penjualan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan volume penjualan melalui analisis harga jual pada UD. Sumber Damai Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data penjualan di UD. Sumber Damai Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah data penjualan di perusahaan tersebut pada tahun 2015, 2016, dan 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis harga dibandingkan dengan pesaing, menganalisis penyebab permasalahan yang timbul pada perusahaan, langkah-langkah pemecahan masalah yaitu dengan cara menurunkan harga untuk meningkatkan volume penjualan, melakukan analisis regresi linear sederhana, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa pada UD. Sumber Damai Blitar menghadapi permasalahan dalam penjualan terutama harga jual untuk meningkatkan volume penjualan. Beberapa alternatif yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah adalah dengan cara menurunkan harga jual, mencari distributor pada bahan baku dengan harga yang relatif lebih rendah dengan bahan yang tetap mempunyai kualitas. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yang digunakan sebagai peramalan penjualan pada tiga tahun kedepan dapat diketahui bahwa dengan penurunan harga jual maka volume penjualan perusahaan akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Widyastuti, Lusia DheviNIM14211021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuprajang, Sandi EkaNIDN0703018701UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing : Sandi Eka Suprajang, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Volume Penjualan
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen
Depositing User: Editor Citra Novita Sari
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:19
Last Modified: 15 Jun 2020 04:46
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item