Nadhiroh, Khusna Wahyu (2016) Analisis pengendalian piutang tak bertagih guna meminimalkan kerugian piutang dengan menggunakan sistem pengendalian intern. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (619kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (380kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (149kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
Abstract
Pengendalian piutang oleh suatu perusahaan terutama perbankan sangat penting dilakukan. Karena pemberian kredit merupakan kegiatan sentral yang dilakukan perusahaan perbankan, yang berakibat timbulnya piutang. Piutang tidak selamanya akan lancer, sebab ada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi lancar tidaknya piutang tersebut. Apabila penerapan sistem pengendalian intern suatu perusahaan tersebut baik dan teratur sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, maka kemungkinan adanya piutang tak tertagih atau macet dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengendalian piutang tak tertagih guna meminimalkan kerugian piutang dengan menggunakan sistem pengendalian intern pada PT. BPR Hartaraya Ciptamulia. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa angka dan tulisan atau lisan dari PT. BPR Hartaraya Ciptamulia Srengat Blitar. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menganalisis penerapan sistem pengendalian intern yang dilakukan perusahaan dalam mengendalikan piutang tak tertagih, menganalisis dan mengevaluasi prosedur pemberian kredit dan prosedur penagihan piutang. Dan selanjutnya membuat ringkasan hasil analisa data. Berdasarkan analisa diatas, penulis menyimpulkan bahwa pada prosedur pemberian kredit kredit sudah baik, namun pada prosedur penagihan masih kurang efektif pada kegiatan monitoring debitur yang menunggak dan lemahnya pengawasan dari pengawas kredit terhadap Account Officer (AO) yang melakukan penagihan. Hal akhir yang dilakukan penulis adalah memberikan saran sebaiknya PT. BPR Hartaraya Ciptamulia harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap Account Officer (AO) yang melakukan kunjungan penagihan agar Account Officer (AO) tersebut tidak melakukan kecurangan dengan memanipulasi data hasil laporan harian yang mereka buat dalam memonitor debitur yang terlambat membayar atau menunggak supaya Bank mendapatkan data yang akurat sehingga akan lebih mudah oleh Bank untuk menganalisis permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam mengendalikan jumlah piutang
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Additional Information: | Pembimbing: Sulistya Dewi Wahyuningsih, SE.,MSA | ||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Piutang Tak Tertagih, Kerugian Piutang, Sistem Pengendalian Intern | ||||||||
| Subjects: | Akuntansi | ||||||||
| Divisions: | Program Studi Akuntansi | ||||||||
| Depositing User: | Editor Citra Novita Sari | ||||||||
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:27 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:36 | ||||||||
| URI: | http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
