Analisis penerapan kebijakan harga untuk meningkatkan room occupancy melalui sumber bisnis online travel agent pada INNA Simpang Hotel Kota Surabaya

Atikasari, Reny (2016) Analisis penerapan kebijakan harga untuk meningkatkan room occupancy melalui sumber bisnis online travel agent pada INNA Simpang Hotel Kota Surabaya. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Persaingan bisnis di Indonesia saat ini semakin membuka peluang bagi para pelaku wirausahawan untuk berkompetisi dalam menjaring konsumen. Salah satu bidang usaha saat ini memiliki persaingan yang ketat adalah industri perhotelan mulai dari kelas bintang melati sampai kelas bintang lima. Harga merupakan salah satu elemen penting pemasaran yang paling fleksibel. Harga dapat berubah dengan cepat pada saat musim libur dan hari raya keagamaan. Kebijakan harga merupakan suatu keputusan yang ditetapkan pada suatu produk dan jasa tertentu untuk jangka waktu yang telah ditetapkan. Tingkat hunian kamar (room occupancy) merupakan prosentase dari jumlah kamar yang terisi atau disewakan kepada tamu yang dibandingkan dengan jumlah seluruh kamar yang disewakan, yang dapat diperhitungkan dalam jangka waktu harian, bulanan, atau tahunan. Online travel agent (OTA) merupakan biro perjalanan yang pemasaranya melalui website atau dilakukan dengan menggunakan media internet, akan tetapi tidak menutup kemungkinan suatu travel agent pun memasarkan produknya secara online. Inna Simpang Hotel merupakan jenis city hotel yang terletak di Kota Surabaya dalam jaringan Inna Hotel Group. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan pada tahun 2014 Inna Simpang Hotel Kota Surabaya mempunyai kamar tersedia 43.070 kamar dan kamar yang terjual hanya 23.583 kamar, hal ini disebabkan karena pemasaran melalui sistem OTA (online travel agent) masih terbatas. Tahun 2015 Inna Simpang Hotel Kota Surabaya mempunyai kamar tersedia 43.070 kamar dan kamar yang terjual sebanyak 24.045 kamar, dari tahun 2014 ke tahun 2015 terjadi peningkatan room occupancy sebesar 462 kamar. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh tahun 2014 apabila harga jual dinaikan maka akan berpengaruh pada room occupancy akan naik, dan tahun 2015 apabila harga jual dinaikkan maka room occupancy juga akan naik. Dari hasil uji hipotesis ditemukan bahwa tahun 2014 kebijakan harga ada hubungan dengan room occupancy pada Inna Simpang Hotel Kota Surabaya tetapi pengaruhnya masih sangat kecil. Hal ini dikarenakan terbatasnya kerjasama dengan media-media online travel agent. Tahun 2015 terjadi hubungan yang erat antara kebijakan harga dan room occupancy pada Inna Simpang Hotel Kota Surabaya. Berdasarkan kesimpulan dari analisis data, maka Inna Simpang Hotel Kota Surabaya disarankan untuk lebih diterapkan lagi kebijakan harga jual kamar pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni baik tahun 2014 dan tahun 2015 untuk meningkatkan room occupancy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Atikasari, RenyNIM12221023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuprajang, Sandi EkaNIDN0703018701UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing : Sandi Eka Suprajang. SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kebijakan Harga, Room Occupancy, Sumber Bisnis Online Travel Agent
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen
Depositing User: Editor Citra Novita Sari
Date Deposited: 28 May 2019 03:47
Last Modified: 18 Jun 2020 02:34
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item