Strategi pemasaran yang tepat bagi usaha kecil guna menghadapi persaingan pasar : studi kasus pada usaha kecil ikan koi id Kecamatan Sanankulon Blitar

Efariyah, Siti (2011) Strategi pemasaran yang tepat bagi usaha kecil guna menghadapi persaingan pasar : studi kasus pada usaha kecil ikan koi id Kecamatan Sanankulon Blitar. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi : 4C-Diamond, STV Triangle, Audit Pemasaran, dan Analisis TWOS Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan. Strategi merupakan suatu rencana keseluruhan dalam memanfaatkan sumber daya untuk memperoleh kedudukan yang menguntungkan serta mencapai tujuan perusahaan. Pemasaran merupakan “nyawa" bagi perusahaan karena pemasaran merupakan alat untuk menciptakan, mengimformasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan. Persaingan adalah kondisi dimana perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan hal yang diinginkan seperti konsumen, pangsa pasar dan lain- lain. Pasar sendiri mempunyai arti sederhana, yang merupakan tempat pertemuan antara penbeli dan penjual sehingga terjadi transaksi. Analisis 4C-Diamond merupakan suatu alat untuk menganalisis change, customer, competitor, company atau sering disebut dengan competitive setting. Analisis STV Triangle merupakan sembilan elemen yang saling berhubungan satu sama lainnya. Kesembilan elemen tersebut adalah Segmentation, Targeting. Positioning. Differentiation, Marketing Mix, Selling, Value dan Brand, yang terbagi dalam tiga kompoņen yaitu, strategi, taktik, dan value. Setelah mengetahui competitive setting berupa 4C Diamond dan juga STV Triangle maka selanjutnya adalah hagaimana mensisati semua perubahan yang terjadi dalam compelitive setting. Cara mensiasatinya adalah dengan melakukan audit pemasaran untuk mengetahui seberapa siap perusahaan menghadapi persaingan, dengan CSP dan CAP. CSP terdiri dari tiga factor: customer demand, competitor, dan change driver, dan CAP adalah suatu profil yang dibentuk setelah menyelesaikan audit strategi, taktik, dan value perusahaan. Menggunakan analisis gap, yaitu membandingkan indeks dari dua profil, Competitive Setting Index (CSI) dan Company Alignment Index (CAI), sebuah usaha akan mampu mengevaluasi posisinya dibandingkan dengan level kompetitif industri yang menjadi perhatian perusahaan. Tujuan akhir dari competitive setting atau audit pemasaran adalah untuk mendapatkan profil lingkungan bisnis yang mempengaruhi perusahaan dan profil faktor-faktor internal yang terdiri dari strategi, taktik, value. Dan untuk penyempurnaannya, digunakan analisis TWOS berupa analsis faktor ekstemal usaha kecil dan juga faktor internal usaha kecil, yang akan dalam penyusunan Matriks TWOS sehingga terbentuklah strategi alternatif usaha kecil yang dapat digunakan oleh usaha kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Efariyah, SitiNIM07111014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, Rony IkaNIDN0714047201UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, persaingan pasar
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen
Depositing User: Editor Fuat Jizen
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:18
Last Modified: 20 Oct 2020 03:18
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item