Analisis penentuan harga jual berbasis metode costplus pricing guna mengoptimalkan laba perusahaan

Riono, Agus (2017) Analisis penentuan harga jual berbasis metode costplus pricing guna mengoptimalkan laba perusahaan. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan yang ingin dicapai misalnya seperti mencapai laba yang optimal. Suatu laba yang optimal diperoleh apabila pendapatan perusahaan lebih besar dari pada biaya yang dikeluarkan. Penjualan merupakan salah satu sumber pendapatan perusahaan. Salah satu yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan adalah laba yang optimal. Penetapan harga jual produk merupakan jenis pengambilan keputusan manajemen yang sangat penting. Apabila penetapan harga jual tidak tepat maka berakibat pada perusahaan, seperti laba yang optimal tidak bisa tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga jual produk untuk mengoptimalkan laba CV. SIDODADI serta manfaat penetapan harga jual produk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Cost-Plus Pricing dengan tiga konsep yaitu: konsep biaya total, konsep biaya variabel dan konsep biaya produk. Hasil penelitian menunjukan harga jual produk pada tahun 2014 untuk almari 2 pintu Rp 1.054.940, almari 3 pintu Rp 1.851.444 dan meja 2 kursi Rp 628.005. Pada tahun 2015 untuk almari 2 pintu Rp 1.129.019, almari 3 pintu Rp 2.057.862 dan meja 2 kursi Rp 671.161. Pada tahun 2016 untuk almari 2 pintu Rp 1.253.078, almari 3 pintu Rp 2.454.656 dan meja 2 kursi Rp 721.101. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan terlalu rendah dalam menetapkan harga jual produknya. Oleh sebab itu perusahaan dalam menetapkan harga jualnya menggunakan metode Cost-Plus Pricing agar laba yang optimal dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Riono, AgusNIM13111001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyuningsih, Sulistya DewiNIDN0731077601UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing : Sulistya Dewi W., SE., MSA.
Uncontrolled Keywords: Analisis Penentuan Harga Jual, optimalisasi Laba
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi
Depositing User: Editor Fuat Jizen
Date Deposited: 27 Mar 2019 10:57
Last Modified: 28 Apr 2020 03:38
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item