Penerapan analisis Balanced Scorecard sebagai alternatif untuk mengukur kinerja perusahaan pada PDAM Kota Blitar tahun 2006-2010

Astriana, Risky (2011) Penerapan analisis Balanced Scorecard sebagai alternatif untuk mengukur kinerja perusahaan pada PDAM Kota Blitar tahun 2006-2010. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian atau pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam perusahaan. Sclain digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan, pengukuran kincrja juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan sistem imbalan dalam perusahaan. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Balanced scorecard merupakan alat manajemcn kontemporer yang didesain untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melipatgandakan kinerja kcuangan luar biasa secara berkesinambungan Metode Balanced Scorecard mempunyai empat perspektif yaitu perspektif kcuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk menyeimbangkan kccmpat perspektif terscbut.Penulis melakukan penelitian pada PDAM Kota Blitar menggunakan data tahun 2006-2010, dengan metode dokumentasi dan wawancara. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan diketahui bahwa kincrja PDAM Kota Blitar secara keseluruhan sudah cukup baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Scorecard yang dihasilkan dari masing - masing perspektif. Kesimpulan yang dapat diambil melalui analisis yang sudah dilakukan adalah bahwa Balanced Scorecard merupakan metode yang terbaik dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan, karena Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional, seperti aspek sumber daya manusia, sistem yang digunakan dalam perusahaan, proses operasional, dan aspek kepuasan pelanggan, sehingga hasil pengukuran dengan Balanced Scorecard akan lebih akurat. Hasil pengukuran kincrja yang akurat sangat penting bagi manajemen, baik dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Astriana, RiskyNIM07211023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMurnisari, RetnoNIDN0720087101UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Kinerja
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi
Depositing User: Editor Citra Novita Sari
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:16
Last Modified: 06 Oct 2020 04:16
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item