Analisa data kredit pada konsumen untuk meminimalisir kerugian pada PT. Federal International Finance (FIF) Blitar

Wiyono, Yoyok Eko (2014) Analisa data kredit pada konsumen untuk meminimalisir kerugian pada PT. Federal International Finance (FIF) Blitar. Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Analisis kredit merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan perusahaan dalam meminimalisir kerugian yang akan ditimbulkan karena adanya kredit macet, Kerugian-kerugian yang timbul seharusnya bisa ditekan dengan mengadakan analisis data kredit pada konsumen. Kerugian pada salah satu konsumen yang tidak tertagih tidak hanya menimbulkan masalah pada tidka lancarnya arus kas, akan tetapi juga akan menimbulkan kerugian pad aturunnya laba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisa prinsip 5C untuk memberikan kredit kepad adebitur. Permasalahan dan bukti masalah dapat diketahui dari data jumlah pelanggan yang terlambat menurut PT. Federal International Finance Blitar adalah jumlah pelanggan terlambat menunjukkan prosentase yang selalu meningkat, hal ini merpakan indikasi yang kurang baik bagi perusahaan. Sebab masalah pertama adalah keterlambatan yang merupakan tanggung jawab bagian piutang> penyebab keterlambatan juga bisa terjadi karena dua hal, yaitu dari kesalahan dari pihak perusahaan, dalam hal ini perusahaan salah memilih pelanggan atau salah menganalisa data pelanggan sehingga salah memilih pelanggan atau salah menganalisa data pelanggan sehingga pelanggan yang tidak atau kurang layak diberikan kredit justru menerima kredit. Hal ini akan menyebabkan keterlambatan pembayaran karena faktor ketidakmampuan untuk membayar keterlambatan pembayaran karena faktor ketidak mampuan membayar kredit yang sejak awal sudah seharusnya diketahui. Penyebab kedua adalah karena kondisi perekonomian secara umum yang menyebabkan pelanggan tidak mampu membayar kredit pada saat kredit berjalan. Pemecahan masalah adalah analisis pelanggan yang akan menerima kredit dari PT. Fedeal International Finance Blitar dengan menggunakan prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Colateral, Condition of Economic), mengingatkan kepada pelanggan yang sudah jatuh tempo pembayaran namun belum dibayar terhitung 3 hari setelah jatuh tempo, dan melakukan penarikan barnag apabila pelanggan sudah tidak mampu lagi untuk membayar angsurannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Wiyono, Yoyok Eko10221032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuprajang, Sandi EkaNIDN0703018701UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing : Sandi Eka Suprajang, SE.,MM.
Uncontrolled Keywords: kredit, minimalisir kerugian
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen
Depositing User: Editor Fuat Jizen
Date Deposited: 06 Apr 2020 03:01
Last Modified: 22 Jun 2020 03:46
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item