Penerapan ACS (Activity Costing System) pada pembebanan uang sekolah dan uang sekolah dan uang gedung (Studi kasus di SD Katolik Santa Maria Blitar)

Adi, Indra Pranistya (2011) Penerapan ACS (Activity Costing System) pada pembebanan uang sekolah dan uang sekolah dan uang gedung (Studi kasus di SD Katolik Santa Maria Blitar). Sarjana thesis, STIE Kesuma Negara Blitar.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Apabila pembebanan biaya pada siswa yaitu uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3) terjadi ketidaktepatan dan ketidakakuratan maka akan mengakibatkan sebuah organisasi terutama yayasan pendidikan mengalami defisit. Pembebanan biaya pada siswa yaitu uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3) dengan menggunakan metode ACS (Activity Costing System) menggunakan semua aktivitas pendidikan untuk menentukan berapa uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3) yang harus dibebankan pada siswa agar tidak terjadi defisit. Perbedaan utama dari penggunaan metode sebelum dan sesudah ACS (Activity Costing System) adalah tidak adanya pengklasifikasian ulang pada metode sebelum ACS (Activity Costing System). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembebanan biaya pada siswa yaitu uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3) dengan metode ACS (Activity Costing System) lebih mahal daripada metode sebelum ACS (Activity Costing System) tetapi metode ACS (Activity Costing System) Iebih dapat mengontrol terjadinya defisit. Hal ini disebabkan metode ACS (Activity Costing System) membagi dana bantuan pemerintah pada penentuan uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3), sehingga jumlah uang sekolah (SPP) dan uang gedung (BP3) berimbang. Pada penggunaan metode sebelum ACS (Activity Costing System) bantuan dana pemerintah hanya dialokasikan untuk penentuan uang sckolah (SPP) saja schingga uang sekolah (SPP) menjadi rendah dan uang gedung (BP3) menjadi tinggi. Pada kenyataannya yang paling berpengaruh adalah uang sekolah (SPP) untuk tiap bulannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsNIMEmail
Adi, Indra PranistyaNIM07221001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSambharakreshna, YudhantaNIDN0002067305UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Activity Costing System, Biaya
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi
Depositing User: Editor Citra Novita Sari
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:35
Last Modified: 07 Oct 2020 03:35
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item