Strategi pemasaran di lembaga pendidikan Islam: studi kasus di MTS Ihsanniat Jombang

Turmudzi, Imam (2017) Strategi pemasaran di lembaga pendidikan Islam: studi kasus di MTS Ihsanniat Jombang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2 (2). pp. 188-196. ISSN 2549-9289

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya Pemasaran dalam dunia pendidikan sangat diperlukan, dengan tujuan untuk memperkenalkan sekolah atau Madrasah bagi calon siswa baru sehubungan dengan kualitas sekolah. Persaingan di dunia pendidikan sangat menarik, sehingga diperlukan strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan yang efektif akan memiliki umpan balik yang baik tentang sekolah karena citra sekolah di masyarakat akan lebih baik dan sekolah akan menarik siswa baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis: (1) strategi pemasaran Pendidikan, (2) Strategi penerapan, (3) Strategi Evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menguji validitas data dengan teknik seperti kredibilitas, portabilitas, reliabilitas dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Formulasi MTs Ihsanniat Jombang dari strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam bentuk membuat program unggulan kegiatan MIPA. 2. Pelaksanaan atau implementasi strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam di MTs Ishsaniat Jombang dimulai dengan pelaksanaan program unggulan MIPA dan pendaftaran dengan menggunakan saluran bakat dan minat. 3. Evaluasi yang dilakukan oleh MTs Ihsanniat Jombang yaitu dievaluasi oleh pertemuan kelembagaan di mana pelaksanaan evaluasi strategi pemasaran melalui kegiatan program unggulan MIPA, penerimaan jalur minat dan bakat, serta promosi pemasaran yang terus menerus. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana efektivitas strategi lembaga perlu diubah atau di revisi. Tindak lanjut akan dilakukan jika ada kekurangan dalam hal strategi pemasaran lembaga, dan tindak lanjut akan dilakukan untuk implementasi pada tahun berikutnya.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIMEmail
Turmudzi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Lembaga Pendidikan Islam
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen
Depositing User: Editor Citra Novita Sari
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:59
Last Modified: 16 Jul 2019 03:59
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item