Pengaruh CSR, ROI, ROE terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Utomo, Agus Setyo (2019) Pengaruh CSR, ROI, ROE terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 4 (1). pp. 85-94. ISSN 2528-2581

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap Harga Saham, menganalisis pengaruh ROI terhadap Harga Saham dan menganalisis pengaruh ROE terhadap Harga Saham. Desain penelitian adalah desain penelitian kausalitas. Jumlah sampel dalam penelitian in sebanyak 33 perusahaan consumer good. Teknik analisis menggunakan analisis analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap harga saham, hal ini mengindikasikan bahwa besar kecilnya CSR tidak berdampak langsung pada harga saham. Pada umumnya, investor di Indonesia lebih cenderung untuk membeli saham untuk memperoleh capital gain, yang cenderung membeli dan menjual saham secara harian (daily trader), dengan memperhatikan keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. ROI berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi ROI, maka investor yang ada di bursa telah mempertimbangkan informasi laba dalam menentukan harga saham yang akan dibeli atau dijual. ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan atas modal sendiri yang dimiliki maka perusahaan dapat secara maksimal memberikan jaminan atas investasi yang telah dilakukan.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIMEmail
Utomo, Agus SetyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CSR, ROI, ROE, Harga Saham
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi
Depositing User: Editor Fuat Jizen
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:45
Last Modified: 16 Jul 2019 03:45
URI: http://repository.stieken.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item